Pengertian Surat Pengunduran Diri Yang Perlu Kamu Ketahui


Pengertian Surat Pengunduran Diri Yang Perlu Kamu Ketahui - Keluar masuk di dalam lingkungan kerja memang bukanlah sesuatu yang aneh. Mengundurkan diri di dalam suatu pekerjaan juga bukan hal yan dilarang asalkan kamu bisa membuat surat pengunduran diri yang tepat kepada perusahaan. Membuat surat pengunduran diri memang sangat diperlukan dikala kamu akan keluar dari sebuah tempat kerja secara resmi.

Pengertian Surat Pengunduran Diri
Pengertian Surat Pengunduran Diri
Sebagiaimana kamu dulu waktu melamar kerja yang menggunakan dokumen berupa surat lamaran kerja, maka mengundurkan diri pun juga demikian. Kamu perlu membuat sebuah dokumen resmi untuk perusahaan yaitu berupa surat pengunduran diri. Dokumen ini nantinya untuk perusahaan bisa berfungsi juga sebagai arsip.

Lalu sebenarnya apa surat pengunduran diri itu, apa pengertian surat pengunduran diri. Secara detail, pengertian surat pngunduran diri adalah sebuah surat yang berisi mengenai pernyatan dan atau permintaan dari pegawai/karayawan pada perusahaan untuk berhenti dari segala tanggung jawab pekerjaan dan tidak lagi berstatus sebagai bagian dari perusahaan. Meski di dalam surat pengunduran diri ini membuat berbagai macam informasi lengkap tenang pengunduran diri, namun pada praktiknya surat ini memliki fungsi sebagai perantara saja.

Umumnya, secara teknis setelah surat pengunduran diri diterima perusahaan maka si pembuat surat pengunduran diri akan dipanggil oleh HRD atau bisa jadi atasan langsung. Dalam tahapan ini akan terjadi komunikasi lebih lanjut dan lebih detail mengenai proses pengundran diri tersebut. Jadi bisa dikatakan bahwa peran surat pengnduran diri adalah sebagai perantara atau penyambung informasi.

Surat pengunduran diri ini meski hanya sebagai perantara namun surat pengunduran diri termasuk surat resmi. Karena merupakan surat resmi, maka surat pengunduran diri juga memiliki kaidah resmi dalam penulisannya atau struktur yang sudah ditentukan oleh aturan (Baca : Cara Membuat Surat Pengunduran DiriYang Baik dan Benar).

Cara membuat surat pengunduran diri sendiri pada dasarnya bukanlah perkara yang sulit. Apalagi pada era seperti sekarang ini yang semuanya sudah tersedia di internet, tinggal klik, maka akan muncul banyak sekali informasi terkait surat pengunduran diri. Ada banyak sekali contoh surat pengnduran diri yang bisa kalian jadikan sebagai referensi. Jika masih bingung, coba baca contohnya di Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik dan Benar.

Itulah beberapa informasi mengenai pengertian surat pengunduran diri. Namun demikian, jika kamu ingin benar-benar mengundurkan diri dari suatu pekerjaan ada baiknya dipikir masak-masak terlebih dahulu. Ingatlah perjuangan kamu dulu ketika proses mendapatkan pekerjaan yang kamu geluti saat ini. Mulai dari membuat daftar riwayat hidup, sulitnya proses wawancara dan lainnya. Jangan sampai kamu nanti menyesal kemudian setelah kamu benar-benar keluar dari pekeraan tersebut. So, berpikirlah dengan bijak!

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Surat Pengunduran Diri Yang Perlu Kamu Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel