Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Yang Baik dan Benar


Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Yang Baik dan Benar - Surat pengunduran diri termasuk surat resmi. Maka cara membuat surat pengunduran diri pun harus sesuai dengan struktur yang sudah ditentukan dengan sebuah aturan baku. Jika kamu ingin mengajukan permohonan mengundurkan diri, dan kemudian kamu membuat surat pengunduran diri, maka kamu perlu mengetahui bagaimana cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar. Jangan sampai surat pengunduran diri yang kamu buat justru salah kaprah sehingga informasi utama yang ingin kamu sampaikan tidak sampai.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri
Cara Membuat Surat Pengunduran Diri
Menurut beberapa referensi, pada dasarnya surat pengunduran diri memiliki struktur secara umum yang hampir sama dengan surat lamaran kerja. Meski struktur surat pengunduran diri hampir sama, namun menulis surat pengunduran diri memiliki beban yang cukup berat. Ini terjadi karena memang di dalam penlisannya membutuhkan pertimbangan berbagai macam yang benar-enar harus matang. Apalagi jika di dalam perusahaan kamu memiliki peran yang cukup strategis, maka ini akan membuat pressure semakin berat.

Seperti surat resmi lainnya, surat pengunduran diri memiliki format yang sama. Yang harus ada di dalam surat pengunduran diri adalah :

  • Tanggal dan tempat pembuatan surat
  • Nama dan alamat yang dituju
  • Isi surat dengan bahasa yang baik
  • Tanda tangan
  • (bila perlu) materai


Ada yang perlu kamu perhatikan lebih dalam lagi ketika kamu menulis surat pengunduran diri. Karena di dalam menulis surat pengunduran diri ada beberapa etika yang tidak boleh kamu tinggalkan. Etika apa saja yang perlu kamu perhatikan, simak di bawah ini.

1. Usahakan Isi Surat Ringan dan Padat

Ini sangat perlu kamu perhatikan. Jangan sampai kamu membuat isi surat pengunduran diri yang terlalu panjang sehingga menjadi berbelit-belit. Akibatnya bisa jadi informasi kamu justru tidak tersampaikan dengan baik.

2. Jangan Lupa Ucapan Terima kasih

Ini juga jangan sampai ketinggalan. Bagaimanapun juga kamu tentunya sudah banyak yang diberikan perusahaan kepada kamu. Maka layak jika kamu menyampaikan terima kasih kepada perusahaan secara langsung atau kepada atasan kamu.

3. Tuliskan Alasan Pengunduran Diri Yang Jelas

Kamu harus juga menuliskan alasan kamu kenapa mengundurkan diri dari perusahaan. Sampaikan dengan sejelas-jelas dan selogis-logisnya agar perusahaan bisa memahami alasan kamu.

4. Jika Ada, Sertakan Landasan Hukum

Jika memang ada dan diperlukan, kamu bisa menyertakan landasan hukum yang mendasari pengunduran diri kamu. Ini akan semakin menguatkan permintaan kamu untuk mundur dari perusahaan. Landasan hukum ini bisa kamu ambil dari kontrak kerja kamu atau bisa juga dari aturan perusahaan sendiri.

5. Memberikan Cindera Mata Juga Bagus

Memberikan cindera mata juga bisa membuat kesan yang bagus untuk perusahaan pada kamu. Maka ada baiknya juga kamu memberikan sekedar kenang-kenangan pada perusahaan agar perusahaan bisa mengenang kepergian kamu dengan baik.

Nah teman pekajaman yang budiman, itulah sedikit informasi mengenai cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar. Ingat, baik saja tidak cukup loh dalam membuat surat resmi, yang terpenting adalah benar. Jika kamu merasa masih bingung, bisa kamu baca beberapa contohnya di Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik dan Benar.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel