Pengertian Teknik A Cire Perdue, Teknik Bivalve dan Contohnya


Pengertian Teknik A Cire Perdue, Teknik Bivalve dan Contohnya - Dari masa ke masa ternyata teknik cetak selalu mengalami perkembangan. Di masa lalu ada teknik cetak a cire perdue dan juga teknik bivalve. Pengertian a cire perdue dan teknik bivalve ini mungkin untuk saat ini sangat jarang orang memahaminya. Termasuk di dalamnya pertanyaan apa itu a cire perdue, apa itu bivalve menjadi pertanyaan yang mengemuka.

Pengertian Teknik A Cire Perdue
Pengertian Teknik A Cire Perdue
Nah, jika kamu termasuk yang belum paham apa itu a cire perdue dan apa itu teknik bivalve, jangan khawatir. Karena pada kesempatan kali ini pekajaman dengan bangga akan menjelaskan pengertian a cire perdue dan teknik bivalve untuk kawan pekajaman semua. Bukan saja pengertian a cire perdue yang akan kami sampaikan, namun juga tentunya akan pekajaman lengkapi dengan beberapa contohnya. Agar semakin memudahkan kalian dalam mempelajarinya.

Teknik a cire perdue dan teknik bivalve ini adalah teknik yang digunakan pada masa pra sejarah pada awal manusia mengenal logam. Manusia pada jaman itu menggunakan teknik ini untuk membuat berbagai alat guna menunjang mereka dalam memenuhi kebutuhannya. Ada banyak alat dari logam yang berhasil diciptakan dengan teknologi ini. Lalu apa sebenarnya pengertian teknik a cire perdue dan teknik bivalve ini, simak di bawah ini penjelasannya.

Pengertian A Cire Perdue

Sebelumnya perlu kamu pahami bahwa a cire perdue ini adalah sebuah teknik cetak pada perunggu. Secara gamblangnya pengertian a cire perdue adalah sebuah teknik cetak perunggu dengan menggunakan cetakan lilin yang dibungkus dengan tanah liat.

Teknisnya adalah, lilin yang sudah dilapisi dengan tanah liat itu kemudian dibakar sampai lilin itu meleleh. Nah, ketika lilin sudah mencair kemudian lilin akan dikeluarkan dari lubang tanah liat.

Setelah itu kemudian ruang yang sebelumnya isinya lilin kemudian diisi dengan perunggu yang cair. Selanjutnya, ketika perunggu sudah mengeras, cetakan tanah liat akan dipecah untuk kemudian diambil cetakan perunggunya.

Pengertian Bivalve

Teknik bivalve juga termasuk salah satu teknik cetak. Teknik bivalve adalah sebuah teknik cetak yang memanfaatkan batu atau bisa juga menggunakan tulang. Teknik ini cukup sederhana, yaitu menggunakan dua bagian batu yang diikat menjadi satu yang berfungsi sebagai cetakan yang diberi lubang di atasnya. Setelah dua bagian batu diikat, logam cair kemudian dituangkan di dalamnya. Kemudian setelah logam membeku kedua bagian batu tersebut dibuka.

Contoh Teknik Cetak A Cire Perdue

Untuk contoh hasil dari teknik cetak a cire perdue ini adalah seperti alat-alat kesenian. Kemudian selain alat kesenian ada juga perhiasan yang berupa kalung, cincin, gelang, dan lain sebagainya.

Meski a cire perdue saat ini sudah sama sekali tidak digunakan, namun teknik ini sebenarnya menunjukkan betapa sudah maju peradaban manusia pada masa itu. Dari sini kita bisa tahu bahwa pada masa pra sejarah manusia sudah bisa mencukupi kebutuhannya sendiri dengan berbagai teknik yang cukup cerdas. Contohnya ya teknik a cire perdue dan teknik bivalve ini, kedua teknik ini digunakan pada masa pra sejarah.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Teknik A Cire Perdue, Teknik Bivalve dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel