Amelia, Wanita Pengusaha Yang Mampu Kembangkan Bisnis Cokelat Dengan Omzet Ratusan Juta
Amelia, Wanita Pengusaha Yang Mampu Kembangkan Bisnis Cokelat
Dengan Omzet Ratusan Juta - Bisnis kuliner memang seperti tidak ada
matinya. Makanan atau jajanan apapun selama memiliki kualitas kelezatan yang
bagus pasti akan disukai oleh para konsumen. Meski mungkin saat ini bisnis
kuliner memang sudah sangat padat pelakunya, namun jika jeli memanfaatkan
peluang bisnis yang ada, maka kesuksesan bisnis bukanlah hal yang mustahil
untuk di dapatkan. Contoh nya adalah seperti apa yang dilakukan oleh Amelia,
seorang wanita yang berhasil mengembangkan bisnis kuliner dengan berfokus pada
pengolahan cokelat.
Amelia Herlinda Devita begitu nama lengkapnya, ia berhasil
mengembangkan bisnis nya meski tentu saja banyak sekali pesaing yang bermain
dalam bisnis cokelat. Bukan saja dari dalam negeri, namun cokelat dari luar
negeri juga banyak ditemukan di Indonesia. Wanita asal Tangerang ini tetap bisa
bertahan dan bahkan berkembang di tengah persaingan yang begitu ketat. Lalu
bagaimana awal mula ia menggeluti bisnis cokelat ini, dan bagaimana pula
perjuangannya menjaga agar bisnisnya tetap eksis, simak kisah inspiratif
selengkapnya di bawah ini.
Ide Bisnis Cokelat Berasal Dari Browsing Di Internet
Kehadiran teknologi informasi internet di dunia memang sangat
menguntungkan, ada banyak orang yang terbantu dengan adanya internet. Amelia
sendiri menuturkan bahwa awal mula ia mendapatkan ide bisnis cokelat ini adalah
berasal dari internet. Ini dikarenakan ia memang pada dasarnya sangat menyukai
cokelat, kemudian ia sering browsing di internet mencari informasi mengenai
cokelat. Nah, dari browsing-browsing itulah kemudian muncul ide bisnis cokelat
yang hingga kini ia geluti.
Ia memulai mengeksekusi ide bisnis cokelatnya itu pada tahun 2011,
yang pada saat itu hanya dengan modal Rp 500 ribu saja. Setelah ia bisa
memproduksi cokelat sendiri, ia kemudian memasarkan produknya secara online.
Ini dilakukan bukan tanpa maksud, berjualan dengan cara online dirasa sangat
mudah dan simpel. Dan yang paling penting adalah dengan berjualan secara online
jangkauan lebih luas dengan biaya yang lebih minim. Ia mengaku dalam berjualan
dengan cara online ini yang paling banyak pelanggan datang dari media sosial
Instagram.
"Awal mulainya tahun 2011, saya sempat browsing dan kemudian saya
kembangkan lagi. Terus juga saya suka cokelat, banyak orang juga kan yang suka
cokelat. Dari awal sampai sekarang kita masih jual secara online sih,
kebanyakan dari instagram," jelas Amelia.
Merubah Konsep Bisnis Karena Semakin Banyak Pesaing
Perjalanan Amelia dalam mengembangkan bisnis tidak selalu mudah.
Semakin ke sini ternyata semakin banyak pesaing yang memiliki usaha cokelat
yang serupa dengan apa yang dikerjakan Amelia. Pada mulanya dulu, Amelia
membuat cokelat yang lebih fokus pada cokelat untuk valentine dan cokelat
ucapan. Namun kemudian seiring dengan semakin banyaknya pesaing, pada tahun
2013 Amelia merubah konsep bisnis cokelatnya.
Amelia mulai mengembangkan berbagai varian produk coklatnya. Produk
yang ia beri nama Denu Cokelat itu memiliki kurang lebih 15 varian rasa, dan
yang menjadi andalannya adalah Choco Crust yaitu rice crispy yang dicampur
dengan cokelat cair. Dengan banyaknya varian rasa yang disediakan oleh Denu
Cokelat, ternyata membuat Denu Cokelat semakin banyak diminati oleh para
konsumen. Pembeli paling banyak adalah pada kisaran usia 17 sampai 35 tahun
dengan asal kota pembeli tertinggi adalah berasal dari wilayah Jabodetabek.
Kesuksesan Bisnis Cokelat Amelia
Kini bisnis yang digeluti Amelia ini tengah mencapai kesuksesannya. Ia
sudah memiliki 9 karyawan di Bandung, Jawa Barat untuk membantu produksi
cokelat Denu Cokelat. untuk memasarkan produknya, selain menggunakan cara
online, Amelia juga dibantu oleh ratusan agen dan reseller yang tersebar di
seluruh Indonesia. Saat ini, Amelia mengaku ia mampu mendapatkan omzet
sedikitnya Rp 150 juta rupiah setiap bulannya.
Ke depan, Amelia menuturkan bahwa ia akan terus mengembangkan bisnis
cokelat handmade buatannya ini baik dalam segi produksi maupun penjualannya.
Rencananya, ia akan membuat cokelat yang low fat dan low sugar, ini ditujukan
agar orang yang sedang dalam program diet dan orang yang terkena diabetes masih
bisa menikmati lezatnya cokelat buatannya. Selain itu, ia juga berencana akan
segera membuka outlet di Surabaya dan membuka permanen di Gedung Smesco,
Jakarta Selatan pada tahun ini.
Belum ada Komentar untuk "Amelia, Wanita Pengusaha Yang Mampu Kembangkan Bisnis Cokelat Dengan Omzet Ratusan Juta"
Posting Komentar