Mau Resign? Ini Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Yang Baik
Mau Resign? Ini Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Yang Baik -
Menulis surat pengunduran diri dari pekerjaan memang terdengar begitu
sederhana. Tetapi nyatanya tak semudah itu ferguso, ada banyak sekali faktor
yang mempengaruhinya. Terutama faktor psikologis, karena menulis surat
pengunduran diri apa lagi jika kamu sudah sekian lama bekerja di perusahaan
tersebut, maka pasti akan terasa berat sekali.
Tips Menulis Surat Pengunduran Diri |
Tips Menulis Surat Pengunduran Diri
1. Singkat dan Jelas
Jangan sampai melupakan dua kata ini. Yup, kamu harus bisa
menyampaikan informasi yang singkat namun tetap jelas. Seperti misalanya
informasi mengenai kapan permintaan kamu mengndurkan diri itu mulai efektif,
atau informasi penting lainnya. Dan yang perlu diingat lagi adalah, isi surat
itu jangan sampai memberikan kesan bahwa kamu bersedia tinggal lebih lama lagi
di pekerjaan itu.
2. Waktu Untuk Atasan/Perusahaan
Kamu tidak boleh membuat surat pengunduran sekarang dan efektif untuk
sekarang aau besok. Ini berhubungan dengan sikap sopan santun profesional kamu.
Kamu perlu memberikan tenggat waktu untuk perusahaan atau atasan setidakya dua
minggu ke depan. Meski sebenarnya karyawan atau pegawi juga tidak diwajibkan
untuk membuat surat pengunduran diri dua minggu sebelumnya.
3. Bersikaplah Formal, Namun Tetap Ramah
Ini termasuk etika di dalam dunia profesional. Formal artinya tetap
menggunakan bahasa yang baku. Sedangkan ramah adalah meski menggunakan bahasa
yang baku namun jangan kaku. Seperti misalnya, jangan menggunakan kata-kata
"Saya secara resmi menyatakan, untuk dicatat dst . . ." itu terlalu
kaku gaes.
4. Buat Kesan Yang Baik
Bagaimanapun juga, kamu pernah bersama dalam suka dan duka, maka ada
baiknya jika kamu meninggalkan kesan yang baik pad perusahaan. Jangan sampai
kepergianmu justru meninggalkan hal yang buruk pada perusahaan. Karena ini akan
berengaruh juga pada karir kamu ke depan. Coba bayangkan jika ternyata
perusahaan baru kamu memiliki hubunan erat dengan perusahaan lama kamu.
Kemudian menanyakan tentang kamu, kalau kamu memiliki kesan yang buruk, maka
bisa-bisa perusahaan baru kamu akan menolakmu.
5. Tetap Bekerja Sebelum Surat Efektif
Sampaikan juga pada atasan kamu bahwa kamu akan tetap bekerja seperti
sedia kala sebelum surat pengunduran diri efektif. Terkait proyek besar yang
merupakan tanggung jawab kamu akan tetap dikerjakan dan diselesaikan
sebagaimana mestinya. Jadi sampaikan bahwa perusahaan tidak perlu khawatirkan
itu.
6. Sampaikan Terima Kasih Kamu
Ini sangat diperlukan di dalam surat pengunduran diri. Jangan sampai
terlewatkan, berikan ucapan terimakasih pada perusahaan agar bisa menambah
nilai positif kamu. Selain itu, ucaoan sederhana ini juga sangat bagus untuk
tetap menjaga hubungan dan komunikasi yang baik dengan mantan atasan maupun
mantan perusahaan.
Nah teman-teman pekajaman yang budiman, itulah sedikit tips dari
pekajaman mengenai surat pengunduran diri. Jika masih bingung, ada baiknya kamu
membaca Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Yang Baik dan Benar. Di situ ada
panduan yang lengkap mengenai membuat surat pengunduran diri.
Oh ya, untuk contohnya, bisa langsung kalian baca di Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik dan Benar. Ok gaes, semoga bisa menambah info dan
bisa membantu kamu semua dalam membuat surat pengunduran diri ya.
Belum ada Komentar untuk "Mau Resign? Ini Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Yang Baik"
Posting Komentar