Pengertian Autotomi dan Contohnya


Pengertian Autotomi dan Contohnya - Mungkin bagi sebagian dari kita masih belum mengerti mengenai arti autotomi. Dari ketidakmengertian ini kemudian muncul banyak pertanyaan seperti apa itu autotomi, pengertian autotomi adalah, dan bahkan pertanyaan lain yang masih ada hubungannya dengan autotomi. Meski kita tidak paham mengenai arti autotomi, namun sejatinya kita sering melihat fenomena ini di dalam kehidupan kita.

Pengertian Autotomi
Pengertian Autotomi
Jika berbicara mengenai autotomi, maka sedikit banyak akan menyenggol pengertian mimikri atau juga pengertian ekolokasi. Untuk penjelasan mengenai mimikri adalah dan ekolokasi adalah, akan kami sampaikan di lain postingan. Baik, kembali ke pengertian autotomi. Untuk lebih jelasnya mengenai autotomi, silahkan langsung saja dipahami di bawah ini.

Pengertian Autotomi

Pengertian autotomi adalah, sebuah kemampuan yang dimiliki oleh hewan tertentu yang berguna sebagai mekanisme peretahanan diri dari predator dengan cara melepaskan salah satu bagian tubuh. Dan, bagian tubuh yang terlepas tersebut akan tumbuh kemali seperti sedia kala.

Di dalam kehidupan hewan, mekanisme autotomi ini sebenarnya ad banyak hewan yang melakukannya. Namun di dunia manusia, yang paling sering kita lihat tentunya adalah cicak.

Yup, cicak ketika dalam keadaan terancam, maka dia akan mengeluarkan kemampuan autotominya untuk mempertahankan diri. Bagian yang dilepaskan oleh cicak adalah ekornya dengan tujuan mengecoh predator. Ekor cicak yang sudah terlepas dari tubuhnya tersebut akan bergerak-gerak agar predator mengejar dan memangsa ekor tersebut.  Lalu beberapa hari kemudian cicak ang selamat dari predator dengan ekor yang sudah putus tersebut, secara perlahan ekor cicak akan tumbuh kembali secara perlaha-lahan.

Contoh-contoh Hewan Autotomi

Untuk hewan yang memiliki kemampuan autotomi ini selain cicak sebenarnya ada beberapa hewan lain namun masih sekelas dengan cicak. Di bawah ini akan pekajaman.com sampaikan beberapa saja, yang terpenting Anda sudah memahaminya.

1. Giant Day Gecko

Hewan ini termasuk ewan karnivora yang memiliki bentuk fisik yang gempal dan begitu besar. Sedangkan untuk warna, gecko ini memiliki warna cerah dan bisa menempel di seluruh bagian tubuh. Corak warna dari gecko jenis ini adalah cerah menyala berwarna merah penuh dan hijau penuh.

2. Gecko White Line

Gecko selanjutnya adalah jenis White Line. Jenis gecko ini memiliki ciri berupa garis memanjang dengan warna yang putih. Untuk ukuran tubuh, gecko ini lebih kecil jika dibanding dengan gecko yang lain. Gocko jenis ini banyak disukai oleh orang karena memang tipikalnya yang unik dan tidak galak dan tidak suka menggigit.

3. Gecko Gargoyle

Model gecko ini memiliki bentuk fisik yeng menarik dan terlihat begitu keren. Meski terlihat lebih garang dan mengerikan, namun gecko atau tokek model ini mudah berinteraksi dengan lingkungan. Usi hidup tokek inibisa mencapai 20 tahun.

4. Gecko Ocelot

Selanjutnya adalah Egcko Ocelot. Gecko model ini asalnya adalah dari Madagaskar. Tokek ini memiliki warna yang menawandi tubuhnya. Bukan saja indah, namun juga sangat rapi. Bahkan di pasaran, harga jual tokek seperti ini mencapai 500 ribu.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Autotomi dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel