Pengertian Palanggaran HAM dan Pembagiannya


Pengertian Palanggaran HAM dan Pembagiannya - Berbicara mengenai HAM memang sedikit sensitif. Apalagi di Indonesia yang memang banyak kasus pelanggaran HAM yang terjadi. Sebelum lebih jauh dalam mebahas pengertian pelanggaran HAM, maka ada baiknya kamu lebih dulu memahami apa sebenarnya pengertian HAM. Secara garis besar pengertian HAM bisa dibagi menjadi dua yaitu Pengertian HAM secara umum dan Pengertian HAM menurut para ahli.

Pengertian Palanggaran HAM
Pengertian Palanggaran HAM
Kembali ke pelanggaran HAM, ada banyak sekali contoh pelanggaran HAM yang bisa kita jadikan contoh. Baik di dunia internasional maupun di Indonesia, ada banyak contoh pelanggaran HAM yang terjadi. Lalu apa sebenarnya pengertian pelanggaran HAM itu, simak penjelasan pekajaman di bawah ini.

Pengertian Pelanggaran HAM

Pengertian pelanggaran HAM adalah, sebuah tindakan yang dilakukan oleh orang maupun sekelompok orang bisa juga aparat negara baik sengaja maupun kelalaian yang melawan hukum. Melawan hukum di sini bisa berupa menghalngi, mengurangi dan bahkan sampai pada mencabut hak asasi manusia lain yang telah dijamin oleh Undang-undang.

Pembagian Pelanggaran HAM

Di dalam pelaksanaannya, pelanggaran HAM bisa dibagi menjadi dua bagian. Pertama adalah Pelanggaran HAM ringan dan yang ke dua adalah pelanggarn HAM berat.

1. Pelanggaran HAM Ringan

Pelanggaran HAM ringan adalah pelanggaran terhadap Hak Asasi Manusia yang dilakukan oleh seseorang maupun kelompok yang tidak mengancam keselamatan jiwa manusia. Meski tidak mengancam keselamatan jiwa, namun pelanggaran HAM ringan jika dibiarkan saja maka tidak menutup kemungkinan akan meningkat menjadi pelanggaran HAM berat.

2. Pelanggaran HAM Berat

Pelanggaran HAM berat adalah pelanggaran HAM yang bisa mengancam keselamatan jiwa dan mengancam nyawa orang atau kelompok lain. Contoh pelanggaran HAM berat secara umum seperti pembunuhan, penyanderaan, perbudakan dan lain-lain.

Baik di Indonesia maupun di dunia, pelanggaran HAM banyak menjadi perhatian. Banyaknya pelanggaran HAM yang terjadi, sehingga memunculkan banyak organisasi kemanusiaan. Di Indonesia sendiri ada banyak tokoh yang bergerak dalam bidang HAM ini. Salah satunya yang populer tentu saja Munir yang bahkan sampai meregang nyawa memperjuangkan tegaknya HAM di Indonesia.

Contoh-contoh pelanggaran HAM ada banyak sekali, baik pelanggaran HAM ringan ataupun pelanggaran HAM berat. Tak hanya di luar negeri, di Indonesia pun juga banyak terjadi pelanggaran HAM. Selengkapnya bisa kamu baca di Contoh Pelanggaran HAM.

Pelanggaran HAM ini bisa terjadi disebabkan karena banyak hal. Salah satu yang sering terjadi adalah karena adanya perang dan juga pemimpin yang diktator. Di dalam peperangan, banyak sekali ditemukan kasus pelanggaran HAM. Baik pelanggaran HAM ringan maupun pelanggaran HAM berat.

Ada kesulitan tersendiri dalam mengungkap keajahatan atau pelanggaran HAM. Bahkan sampai saat ini pun ada banyak kasus besar Pelanggaran HAM yang belum bisa terungkap secara gamblang.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Palanggaran HAM dan Pembagiannya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel