26 Pengertian HAM Menurut Para Ahli Lengkap


26 Pengertian HAM Menurut Para Ahli Lengkap - Pengertian HAM ada banyak, meski pengertian HAM secara umum adalah sama, namun pengertian HAM menurut para ahli ada beberapa macam. Seperti misalnya pengertian HAM menurut John Locke, ia memiliki definisi HAM sendiri yang sedikit berbeda dengan para ahli lainnya. Ahli di bidang Hak Asasi Manusia sendiri ada banyak sekali. Tidak hanya di dunia internasional, di Indonesa juga memiliki pakar dan ahli yang mampu menjabarkan pengertian HAM dengan baik.

Pengertian HAM Menurut Para Ahli
Pengertian HAM Menurut Para Ahli
Karena pengertian dan definisi HAM yang cukup banyak, maka pekajaman akan mencoba mengumpulkan menjadi satu untuk memudahkan kalian dalam mempelajarinya. Silahkan di simak di bawah ini.

Pengertian HAM Menurut Para Ahli Luar Negeri


1. Pengertian HAM Menurut John Locke

Pengertian HAM menurut John Locke adalah hak yang diberikan oleh Tuhan yang memilii sifat kodrati. Locke juga menyebut bahwa hak asasi ini memiliki sifat yang suci karena hak asasi menurut kodrati tidak bisa dipisahkan dari hakikatnya.

2. Pengertian HAM Menurut Austin-Renney

Pengertian HAM menurut Austin-Renney adalah sebuah kebebasan individu yang sudah dirumuskan oleh konstitusi dan pelaksanaannya dijamin oleh Pemerintah.

3. Pengertian HAM Menurut A.J.M. Milne

Milne menerangkan bawa pengertian HAM adalah hak yang dimiliki setiap manusia di setiap masa dan di manapun berada.

4. Pengertian HAM Menurut Jan Materson

Menurutnya, Hak Asasi Manusia adalah hak yang dimiliki setiap manusia dan yang tanpa hak tersebut manusia tidak mungkin bisa hidup.

5. HAM Menurut David Beetham dan Kevin Boyle

Menurut mereka, hak asasi manusia adalah hak individu yang asalnya dari kebutuhan dan kapasitas manusia.

6. Pengertian HAM Menurut C. de Rover

Menurutnya hak asasi manusia adalah hak hukum yang dimiliki setiap manusia dan hak tersebut bersifat universal yang dimiliki baik orang kaya maupun orang miskin, laki-laki maupn perempuan.

7. Pengertian HAM Menurut Haar Tilar

HAM menurut Tilar adalah sebuah hak yang dimiliki setiap manusia. Dan jika manusia tidak memiliki ham, maka manusia tidak bisa hidup selayaknya sebagai manusia.

8. HAM Menurut Peter R. Baehr

Menurut Peter, pengertian HAM adalah hak dasar yang sifatnya adalah mutlak dan harus dimiliki oleh setiap manusia untuk kebutuhan perkembangan dirinya.

9. HAM Menurut Karel Vasak

Vasak meyebut bahwa HAM merupakan 3 generasi yang didapat dari adanya revolusi Prancis.

10. Pengertian HAM Menurut Shaw

Shaw meyebut pengertian HAM adalah wacana publik di mas damai yang memiliki bahas moral yang umum. Namun Shaw juga menyebut bahwa pengertian HAM ini akan selalu menjadi kontroversi dan perdebatan terus menerus secara filosofis.

11. Pengertian HAM Menurut G.J Wolhos

Wolhos menjelasan pengertian HAM adalah beberapa hak yang sudah mengakar dan melekar pada sertiap diri individu manusia. Dan hak tersebut tidak boleh dihilangkan. Baca : Contoh Pelanggaran HAM.

12. Pengertian HAK Menurut Leah Kelvin

Pada pengertian ini, HAM didefinisikan menjadi dua bagian. Pertama HAM adalah hak hakiki manusia yang tidak dapat dipsahkan karena ia adalah manusia. Kedua adalah, HAM merupakan hak hukum baik itu nasional maupun internasional.

13. Pengertian HAM Menurut Jack Donnely

Pengertian HAM menurut ahli berikutnya adalah dari Jack Donnely. Menurutnya, HAM adalah hak yang dimiliki oleh manusia karena semata-mata ia adalah manusia.

14. Pengertian HAM Menurut Hobbes

Menurut pakar ini, satu-satunya hak asasi yang melekat pada manusia adalah hak untuk hidup.

15. HAM Menurut Piagam Hak Asasi Internasional

Pengertian HAM di sini adalah pengembangan dari ajaran F.D. Roosevelt, yaitu The four Freedom. The Four Freedom sendiri terdiri atas :

Kebebasan mengeluarkan pendapat dan berkarya
Kebebasan beragama
Kebebasan dari rasa takut
Kebebasan dari kemiskinan

16. Pengertian HAM menurut C. de Rover

Pengertian HAM selanjutnya adalah dari C. de Rover. Beliau menjelaskan bahwa HAM adalah hak hukum yang sama kepada setiap manusia di dunia baik itu kaya atau miskin, laki-laki maupun wanita.

Itulah beberapa pengertian HAM menurut para ahli dari luar negeri. Di Indonesia sendiri juga ada banyak ahli yang menafsirkan pengertian HAM secara umum menjadi lebih detail dan beragam. Tentunya tetap di dalam koridor pengertian HAM yang utama. Siapa sajakah ahli yang memberikan penjabaran tersebut, simak di bawah ini.

Pengertian HAM Menurut Ahli Indonesia


1. HAM Menurut UU No 39 Tahun 1999

Undang Udang Indonesia juga menjelaskan apa itu HAM. Menurut UU No 39 Tahun 1999, HAM adalah adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.

2. HAM Menurut Franz Magnis

Franz Magnis menjelaskan bahwa definisi HAM adalah hak yang diberikan kepada manusia tidak karena diberikan oleh masyarakat, malainkan diasarkan pada martabatnya sebagai manusia.

3. Pengertian HAM Menurut Miriam Budiarjo

Miriam menjelaskan bahwa HAM adalah hak yang dimiliki manusia yang sdah didapatnya sejak lahir atau sejak kehadirannya di dalam masarakat.

4. Pengertiam HAM Menurut Oemar Seno Adji

Oemar menyebutkan bahwa pengertian HAM adalah hak yang melekat pada manusia sebagai insan ciptaan TYME. Dan sifat hak tersebut tidak boleh dilanggar oleh siapapun. Baca : Pengertian Pelanggaran HAM.

5. Pengertian HAM Menurut Prof. Koentjoro Poerbopranoto

Prof. Koentjoro menjelaskan bahwa HAM adalah hak yang palig mendasar. Hak ini dimiliki manusia dan tidak bisa dipisahkan sehingga Hak Asasi Manusia bersifat suci.

6. Pengertian HAM Menurut Prof. Mahfudz

HAM adalah hak yang sudah dimiliki manusia sejak lahir. Dan pada hakikatnya hak itu memiliki sifat kodrati.

7. Pengertian HAM Menurut Muladi

Pengertian HAM selanjutnya adalah dari Muladi. Beliau menjelaskan bahwa HAM adalah setiap hak pokok yang melekat pada diri setiap manusia di dalam kehidupannya.

8. Menurut Komnas HAM

Menurut penjelasan Komnas HAM, HAM adalah hak asasi manusia yang mencakup berbagai aspek kehidupan manusia, baik itu hak sipil, ekonom, politik, sosial maupun budaya.

9. Menurut Prof. Padmo Wahyono

 HAM adalah suatu hak yang memungkinkan bagi orang atau manusia untuk hidup berdasar pada hakikat dan martabat tertentu.

10. Menurut Prof Darji Darmodihardjo

HAM adalah hak dasar atau pokok yang dimiliki manusia sebagai sebuah anugerah dari Tuhan yang kemudian menjadi dasar dari hak dan kewajiban yang lain.

Belum ada Komentar untuk "26 Pengertian HAM Menurut Para Ahli Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel