31 Contoh Pelanggaran HAM di Indonesia


31 Contoh Pelanggaran HAM di Indonesia - Pelanggaran HAM memang bisa terjadi di mana saja, bisa terjadi jauh dari kita dan bisa terjadi di dekat kita. Pelanggaran HAM sendiri bisa dikategorikan menjadi dua. Ada pelangaran HAM ringan dan ada juga pelanggaran HAM berat. Meski ada pelanggaran HAM ringan, pelanggaran ini juga mesti ditindak. Karena jika dibiarkan, maka tidak menutup kemugkinan akan menjadi pelanggaran HAM berat.

Contoh Pelanggaran HAM
Contoh Pelanggaran HAM
Nah, sebelum masuk pada contoh kasus pelanggaran HAM, akan kami sampaikan terlebih dahulu contoh kasus pelanggaran HAM secara umum. Baik contoh pelanggaran HAM ringan maupun contoh pelanggaran HAM berat.

a. Kasus pelanggaran HAM ringan, meliputi :

- Pemukulan
- Penganiayaan
- Pencemaran nama baik
- Menghalangi orang untuk mengekspresikan pendapatnya
- Menghilangkan nyawa orang lain

b. Kasus pelanggaran HAM yang bersifat berat, meliputi :

- Pembunuhan masal (genosida)
- Pembunuhan sewenang-wenang atau di luar putusan pengadilan
- Penyiksaan
- Penghilangan orang secara paksa
- Perbudakan atau diskriminasi yang dilakukan secara sistematis

Pelanggaran HAM bisa terjadi karena banyak hal. Bisa karena konflik SARA, adanya gerakan sparatis, dan bahkan bisa terjadi karena sebuah demo. Nah, di bawah ini adalah beberapa contoh kasus pelanggaran HAM yang pernah terjadi di Indonesa.

Contoh Pelanggaran HAM

1. Tragedi Trisakti

Tragedi Trisakti terjadi pada tanggal 12 Mei 1998 di Universitas Trsakti. Kasus ini terjadi saat mahasiswa demo untuk melengserkan Soeharto, saat itu 4 mahasiswa meniggal tertembak dan beberapa lainnya luka-luka.

2. Tragedi Semanggi 1

Kasus ini terjadi pada tanggal 11-13 November 1998 yang mengakbatkan 17 warga sipil meninggal dunia.

3. Tragedi Semanggi 2

Kasus Pelanggaran HAM selanjutnya adalah tragedi Semanggi 2. Kasus ini merenggut 5 orang mahasiswa meninggal dunia. Kasus ini terjadi pada tanggal 24 September 1999.

4. Pembunuhan Munir

Kasus ini begitu populer. Munir sendiri adalah seorang pejuang HAM yang ingin mengakkan HAM di Indonesia. Munir terbunuh di dalam pesawat Garuda Indonesia. Hingga kini penyebab terbunuhnya pejuang Hak Asasi Manusia tersebut masih belum jelas.

5. Pembunuhan Marsinah

Pembunuhan aktifis buruh tersebut terjadi pada 3-4 Mei 1993. Marsinah adalah seorang pekerja wanita di PT Catur Putera Surya Porong.

6. Peristiwa Tanjung Priok

Peristiwa ini terjadi pada tahun 1984, terjadi gesekan antara warga masyarakat dengan aparat.

7. Kasus Dukun Santet Banyuwangi

Kasus ini terjadi pada tahun 1998. Saat itu terjadi pebunuhan guru ngaji dan tokoh agama.

8. Peristiwa di Abepura, Papua

Pelanggaran HAM di Papua ini terjadi pada tahun 2003. Ini terjadi dipiu karena adanya serangang di Mapolsek Abepura yang kemudian ada penyisiran membabibuta terhadap pelaku yang diduga menerang Mapolsek.

9. Penculikan Aktivis Pro Demokrasi

Kasus ini terjadi pada sekitaran 1997 dan 1998. Ada banyak aktivis demokrasi yang diculik dan bahkan sampai dibunuh.

10. Kasus Bulukumba

Pelanggaran HAM di Bulukumba terjadi karena adanya aksi demo dari warga atas sengketa lahan antara PT London Sumatra dan warga yang berujung bentrok dengan polisi.

11. Kasus Penganiayaan Wartawan

12. Tragedi Bom Bali

Bom diledakkan oleh teroris di Bali yang merenggut banyak nyawa. Tragedi ini terjadi pada tahun 2002.

13. Kasus Pemberontakan GAM

Pelanggaran yang terjadi di Aceh sudah lama sekali. Tragedi ini terjadi lantaran GAM ingin merdeka dan lepas dari Indonesia. Banyak peristiwa pelanggaran HAM yang terjadi seakan menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat yang tidak memahami dan tidak mengerti apa itu pengertian HAM.

14. Kasus Pengkhianatan G 30S/PKI

Kasus ini terjadi adalah adana pemberontakan dari PKI, Partai Komunis Indonesia. Dalam pemberontakan yang terjadi pada 30 September 1965 ini, banyak terjadi pembunuhan, bahkan yan menjadi korban adalah perwira jenderal.

15. Kasus Pembantaian Massal Anggota PKI

Setelah PKI dilarang, maka kemudian disusul dengan pembersihan orang yang dianggap PKI. Pembunuhan dan pembantaian ini dilakukan terhadap orang yang dianggap anggota PKI.

16. Konflik Sampit (Suku Dayak dan Madura)

Banyak rumor dan isu yang mengiringi terjadinya konflik SARA ini. Konflik ini memakan begitu banyak korban jiwa. Sungguh merupakan pelajaran bagi kita semua tentang betap pentingnya memahami pengertian Hak Asasi Manusia.

17. Kasus Pembantaian Rawagede

Kasus ini terjadi pada tanggal 9 Desember 1945. Pembantaian ini dilakukan oleh tentara Belanda pada warga sipil.

18. Penembakan Misterius 1982-1985

Sering disebut dengan Petrus. Peristiwa ini merupakan penculikan, penganiayaan dan penembakan yang dilakukan pada preman yang mengganggu ketertiban masyarakat.

19. Kasus Pembantaian Santa Cruz

Peristiwa ini terjadi di area pemakaman Sna Cruz Dili, Timor Timur. Dalam peristiwa ini, puluhan pelajr dan warga sipil meninggal dunia.

20. Peristiwa Kudatuli

Peristiwa ini adalah terjadinya penyerbuan kantor DPP PDI di Jakarta. Saat itu, masa pendukung Megawati merangsek dan mengambil alih kantor PDI di Jakarta.

21. Kasus Pembunuhan Salim Kacil

Salim Kancil adalah aktivis di Lumajang. Ia menghalangi penambangan pasir ilegal. Namun ia justru dibunuh dengan sadis.

22. Pelanggaran HAM di Timor Timur

Pada tahun 1974 sampai 1999, terjadi pembantaian ratusan ribu warga Timor Timur yang saat itu masih menjadi bagian dari Indonesia.

23. Tragedi Kerusuhan di Ambon, Maluku

24. Konflik Berdarah Poso

25. Peristiwa Perbudakan Buruh Panci

26. Peristiwa Pembantaian Petani

Peristiwa pelanggaran Hak Asasi Manusia ini terjadi di Desa Sungai Sodong, Mesuji, Ogan Komeling Ilir, Sumatera Selatan pada tahun 1997. Konflik ini terjadi karena adanya pertikaian antara warga dan perusahaan kelapa sawit. Korban banyak berjatuhan baik dari masyarakat maupun dari pihak keamanan.

27. Peristiwa Aceh 1990

28. Kasus Organisasi Papua Merdeka

29. Peristiwa Talang Sari

30. Pelanggaran HAM di Tolikara

31. Kasus Penganiayaan Wartawan Udin (1996)

Udin adalah seorang wartawan yag kritis terhadap pemerintah Orde Baru dan Militer. Kasus penganiayaan dan pembunuhan Udin terjadi pada tanggal 16 Agustus 1996.

Belum ada Komentar untuk "31 Contoh Pelanggaran HAM di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel