Sejarah Internet di Indonesia dan Dunia Beserta Pengertiannya

Sejarah Internet di Indonesia dan Dunia Beserta Pengertiannya - Internet, satu kata yng mungkin saat ini semua orang sudah mengetahuinya. Pada beberapa tahun terakhir, internet begitu pesat dalam perkembangannya. Segala lini masyarakat seakan sudah tersentuh dengan teknologi internet. Mulai dari pemerintahan, pendidikan, kesehatan dan bahkan pada perdagangan pun saat ini sudah begitu banyak menggunakan internet sebagai media utamanya. Jual beli pun menjadi semakin mudah dengan adanya internet. Cukup satu klik saja kamu sudah bisa berbelanja berbagai macam keperluan kamu, tidak perlu keluar rumah dan bahkan tidak perlu juga keluar kamar.

Sejarah Internet di Indonesia dan Dunia
Sejarah Internet di Indonesia dan Dunia

Bukan saja orang tua atau orang dewasa yang mengenal internet, anak-anak kecil zaman sekarang, atau akrab disebut kids jaman now pun juga sudah begitu lengket dengan yang namanya internet. Seiring dengan perkembangan gagdet yang begitu masif, internet pun juga merambah berbagai kalangan. Saat ini mungkin sudah banyak sekali yang menggunakan dan memanfaatkan internet, namun yang mengerti dan memahami sejarah internet maupun pengertian internet tentu tidak sebanyak penggunanya.

Sebagai manusia, tentu kita juga harus bisa menyesuaikan jaman agar kita tidak ketinggalan jaman, atau istilahnya pekajaman. Apalagi kamu-kamu yang merupakan generasi milenial, kamu harus mengerti dan memahami sejarah internet maupun pengertian internet itu sendiri agar tidak ketinggalan jaman.

Maka dari itu, spesial pada kesempatan kali ini, akan kami sampaikan sejarah internet di Indonesia maupun sejarah internet di dunia. Selain sejarah internet di dunia dan Indonesia, akan kami ulas juga pengertian internet secara lebih detail agar kamu semua sebagai generasi milenial memahaminya dengan baik dan benar. Oke, langsung saja ya, simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Internet

Secara sederhana, pengertian internet adalah sebuah jaringan komputer yang saling terhubung antara satu dengan yang lain dengan menggunakan standar sistem global yang bernama Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP). Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) ini berperan sebagai protokol pertukaran paket yang nanti pada akhirnya akan berguna untuk dinikmati oleh miliaran pengguna atau user di seluruh dunia.

Pengertian Internet
Pengertian Internet

Itulah pengertian internet secara umum yang bisa disampaikan. Selain pengertian internet secara umum, ada juga beberapa pengertian internet menurut para ahli yang juga banyak mengulasnya. Perhatikan di bawah ini ulasannya.

1. Pengertian Internet Menurut Onno W Purbo

Pengertian internet menurut Onno W. Purbo, internet pada dasarnya adalah sebuah media yang digunakan untuk mengefisiensikan sebuah proses komunikasi yang disambungkan dengan berbagai aplikasi seperti Web, VoIP, E-mail dan lainnya. Perlu diketahui, Onno W. Purbo ini adalah seorang praktisi IT Indonesia yang pertama kali menjelaskan mengenai pengertian internet di Indonesia. (semoga benar, kalau salah mohon dikoreksi ya)

2. Pengertian Internet Menurut Strauss, El-Ansary, dan Frost (2003)

Selain dari Onno W. Purbo, pengertian internet kemudian muncul dari Strauss, El Ansary dan Frost pada tahun 2003. Mereka menjelaskan bahwa pengertian internet adalah keseluruhan jaringan komputer yang saling terhubung satu dengan yang lain. Di dalam beberapa komputer ini memiliki dan menyimpan file yang bisa diakses dan digunakan seperti misalnya halaman web atau yang lainnya.

3. Pengertian Internet Menurut Kayo, Mori, dan Takano (1996)

Ahli selanjutnya yang menjelaskan mengenai pengertian internet adalah Kayo, Mori, dan Takano tahun 1996. Menurut mereka, internet merupakan sebuah jaringan yang memiliki 3 keistimewaan. Kebebasan pertama yaitu kebebasan internet. Maksudanya adalah internet bisa memberikan penggunanya semacam kuasa untuk saling memberi dan menerima sebuah informasi.

Keistimewaan ke dua adalah dinamik. Artinya internet dinilai sangat bisa mengikuti perkembangan waktu yang dibuktikan dengan informasi yang disajikan selalu informasi paling baru yang artinya bisa mengalahkan media cetak.

Keistimewaan ke tiga adalah internet merupakan jaringan yang sifatnya interaktif. Hal ini dikarenakan melalui internet setiap user sangat mungkin untuk bisa melakukan interaksi dengan user yang lain di dunia setiap waktu.

Pengertian Internet
Pengertian Internet


4. Pengertian Internet Menurut Lani Sidharta (2006)

Pengertian internet selanjutnya dijabarkan oleh Lani Sidharta pada 2006. Menurut beliau, meski internet merupakan interkoneksi antar jaringan komputer, namun secara umum Interent harus dipandang sebagai sumber daya informasi. Karena isi internet sendiri adalah sebuah informasi, atau bisa dibayangkan sebagai database ataupun perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap. Bahkan bisa juga disebutkan bahwa internet adalah dunia dalam bentuk lain atau akrab disebut dunia maya. Karena hampir semua aspek dalam kehidupan nyata ada di internet, seperti bisnis, pendidikan, hiburan olahraga, wisata dan yang lainnya.

5. Pengertian Internet Menurut Drew Heywood (1996)

Ahli lain yaitu Drew Heywood menjelaskan pengertian internet adalah standar yang mampu menghubungkan segala jenis komputer di United States Department of Defense (DoD) dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian dan ilmiah di universitas. Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan dari berbagai kerusakan sehingga bisa beroperasi di dalam kondisi minimum akibat bencana ataupun perang.

Itulah beberapa pengertian internet menurut para ahli. Sebenarnya ada banyak sekali pengertian internet dari para ahli yang bisa ditemukan. Namun untuk saat ini, yang kami sajikan sementara itu saja, insyaalloh akan kami lengkapi atau kami update ke depannya.

Baik, sekarang kita akan masuk pada sejarah internet. Kami akan memberikan ulasan secara lengkap dan detail mengenai sejarah internet di dunia maupun sejarah internet di Indonesia. Karena bagaimanapun juga sejarah internet di Indonesia berkaitan erat dengan sejarah internet di dunia. Untuk itu langsung saja, simak penjelasan kami mengenai sejarah internet di dunia dan di Indonesia di bawah ini.

Sejarah Internet
Sejarah Internet


Sejarah Internet di Dunia

Sejarah internet di dunia ini bermula yaitu pada tahun 1962 tepatnya pada bulan Agustus. Penciptaan internet sendiri pertama kali dikemukakan oleh J.C.R Licklider dari MIT Massachutts Institute of Technology. Pada awalnya, konsep internet ini dinamakan Galactic Network olehnya. J.C.R Licklider dari MIT Massachutts Institute of Technology kemudian mengemukakan bagaimana sebuah jaringan global yang memungkinkan bagi setiap orang untuk mengakses data dan program dari mana saja.

Kemudian pada Oktober 1962, J.C.R Licklider dari MIT Massachutts Institute of Technology ini mengepali sebuah program penelitian komputer dari ARPA yang merupakan salah satu bagian dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Proyek besar dari ARPANET sendiri adalah merancang sebuah bentuk jaringan, kehandalan dan seberapa besar sebuah file bisa dipindahkan. Dan, standar inilah yang kemudian menjadi cikal bakal pembuatan dan pengembangan protokol baru yang saat ini akrab disebut dengan istilah TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Sejarah internet dunia kemudian berlanjut pada tahun 1969, pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika memutuskan untuk memperdalam penelitian tentang penghubungan sejumlah komputer ini. Singkat kata, pada 1970 sudah ada lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan yang kemudian bisa membentuk sebuah jaringan. Pada awal penemuan internet ini, mereka mendemonstrasikan penggunaan hardware yang berbasi UNIX yang ini merupakan cikal dari Linux.

Sejarah Internet Dunia
Sejarah Internet Dunia

Proyek besar ini sendiri pada awalnya digunakan untuk keperluan militer saja. Pada saat itu, Departemen Pertahanan Amerika membuat sebuah sistem jaringan komputer. Sistem jaringan kompter yang dibuat ini adalah sebuah sistem jaringan komputer yang paling besar dengan menghbungkan komputer pada daerah-daerah penting. Hal ini ditujukan untuk mengatasi masalah jika sewaktu-waktu terjadi perang atau serangan nuklir dari luar. Selain itu, ditujukan juga untuk menghindari adanya informasi yang terpusat yang hal ini tentu akan sangat mudah dihancurkan oleh musuh.

Pada awalnya, Arpanet hanya memiliki kemampuan untuk menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford University of California, Research Institute, University of Utah, dan Santa Barbara. Keempat situs tersebut dijadikan satu jaringan pada tahun 1969. Namun pengenalan kepada publik baru dilakukan pada tahun 1972, 3 tahun berikutnya.

Keberhasilan proyek Arpanet ini kemudian membuat nya dilirik berbagai universitas di Amerika. Sehingga proyek yang dikerjakan Arpanet begitu berkembang dengan pesat yang membuat Arpanet sendiri kwalahan dalam manajemennya. Kemudian diputuskan untuk membagi menjadi dua yaitu ARPANET dan MILNET. Pembagian ini untuk membuat proyek lebih efektif, ARPANET sendiri menangani khusus non militer, sedangkan MILNET menangani proyek untuk keperluan militer. Dari kedua nya ini kemudian bergabung menjadi satu dengan nama DARPA internet, yang pada saat ini kemudian lebih dikenal dengan nama internet.



Urutan Sejarah Internet

Untuk lebih mudahnya, di bawah ini kami ringkaskan rentetan sejarah internet di dunia dari tahun ke tahun. Simak ya.

1. Tahun 1960 Departemen Pertahanan Amerika yang bernama ARPA merintis sebuah jaringan komputer dengan nama ARPANET. Perlu diketahui, ARPANET adalah awal mula terciptanya Internet.

2. Tahun 1980, Internet sudah mulai digunakan secara luas namun masih terbatas, terutama untuk kampus-kampus di Amerika.

3. Tahun 1982, TCP/IP sudah mulai di publikasikan secara umum.

4. Tahun 1984, sistem penamaan Domain sudah mulai digunakan.

5. Tahun 1986, National Science Foundation Network (NSFNET) dibangun dan mulai menggantikan peran ARPANET di Amerika. Di berbagai negara juga mulai dibangun dan disambungkan dengan NSFNET.

6. Tahun 1990, ARPANET diputuskan untuk dibubarkan.

7. Tahun 1994, Internet mulai bisa digunakan atau diakses di Indonesia.

Sejarah Internet di Indonesia

Sejarah Internet di Indonesia
Sejarah Internet di Indonesia

Oke ya, sekarang kamu sudah mulai mengerti sejarah internet di dunia setelah membaca nya di atas. Sekarang kita lanjut ke sejarah internet di Indonesia. Kapan sebenarnya internet mulai masuk di Indonesia, siapa tokoh-tokoh terkait hal ini, akan kami sampaikan secara detail di bawah ini. Simak ya.

Sejarah Masuknya Internet di Indonesia

Pada dasarnya, internet di Indonesia sudah mulai ada sejak awal tahun 1990 an. Pada waktu itu, jaringan internet di Indoensia lebih familiar disebut dengan paguuyuban network. Dalam paguyuban ini sangat terasa semangat kekeluargaan, gotong royonh dan kerjasama di kalangan anggotanya.

Sejarah Masuknya Internet di Indonesia
Sejarah Masuknya Internet di Indonesia

Praktisi atau tokoh yang begitu legendaris ketika membahas internet di Indonesia sangat banyak. Mereka-mereka ini adalah termasuk di dalam orang-orang pertama yang kenal dengan dunia internet. Namun mungkin saja ada orang lain, tapi tidak begitu populer. Sebut saja nama RMS Ibrahim, Adisoemarta, Suryono, Muhammad Ihsan, Putu, Robby Soebiakto, Firman Siregar, Adi Idrayanto, dan Ono W. Purbo. Mereka termasuk nama-nama yang tercatat di dalam sejarah internet Indonesia pada awal tahun 92 - 94.

Robby Subiakto adalah seorang tokoh dan pakar radio di Indonesia. Beliau ahli dalam komunikasi data paet radio yang kemudian diarahkan ke TCP/IP. Teknologi paket radio TCP/IP ini kemudian diadopsi oleh beberapa lembaga dan universitas nasional seperti BPPT, LAPAN, UI dan ITB. Yang kemudian dari sinilah muncul PaguyubanNet pada tahun 1992 - 1994.

Robby Soebiakto kemudian menjadi koordinator IP pertama dari (Amatir Packet Radio Network) yang di Internet dikenal dengan domain AMPR.ORG dan IP 44.132. Onno W Purbo sendiri kemudian yang mengkoordinir AMPR-net Indonesia sejak tahun 2000. Koordinasi di sini mengharuskan orang untuk menjadi anggota dari ORARI yang dikoordinasi melalui mailing list ORARI seperti orari-news@yahoogroups.com.

Itulah sedikit informasi mengenai sejarah awal masuknya internet di Indonesia. Untuk saat ini, di Indonesia internet sudah berkembang begitu pesatnya. Segala lini kehidupan sudah menggunakan internet. Kenapa demikian, ini terjadi karena memang internet memiliki manfaat yang begitu banyak. Namun demikian, dibalik manfaat internet yang sangat melimpah, ternyata internet juga memiliki bahaya yang tak kalah hebatnya loh, apa saja sih manfaat dan bahaya internet itu, simak di bawah ini.

Manfaat dan Bahaya Internet

Manfaat Internet

1. Menambah Pengetahuan dan Wawasan

Dengan internet, kamu bisa menambah pengetahuan dan bisa membuka wawasan kamu. Sekarang ini begitu mudahnya mengakses informasi, entah berita, pengetahuan dan yang lainnya menggunakan internet. Dengan mengetikkan satu atau dua kata saja  di search engine kamu akan bisa menemukan banyak sekali informasi yang kamu butuhkan.

Manfaat Internet
Manfaat Internet


2. Bisa Meningkatkan Efisiensi

Melalui internet dengan berbagai kemudahan yang ada dalam mengakses informasi, tentu ini akan bisa meningkatkan efisiensi kamu. Biasanya kamu harus beli koran, majalah, menonton TV yang jadwalnya sudah ditentukan, melalui internet kamu bisa mendapatkan informasi kapan saja dan dimana saja berada. Ini tentu sangat efisien untuk hidup kamu.

3. Mempermudah Komunikasi

Dengan internet, kamu bisa menjalin komunikasi dengan siapa saja. Baik teman, saudara atau keluarga yang tempatnya jauh, kamu bisa terhubung dengannya melalui internet. Bahkan dengan orang yang tidak kamu kenal sekalipun kamu bisa menjalin komunikasi dengannya melalui internet. Kran komunikasi terbuka begitu besar dengan internet, kamu bisa menggunakannya sebaik mungkin.

4. Mempermudah Pendidikan

Pendidikan juga diuntungkan dengan adanya internet. Bagi para pelajar, mahasiswa maupun guru atau dosen, akan sangat mudah mendapatkan informasi maupun data keperluannya dengan berselancar di dunia maya. Pendidikan pun bisa dilangsungkan dari jarak jauh menggunakan internet. Dengan ini, maka mahasiswa atau murid bisa mengirim atau melakukan KBM di tempat yang berbeda.



5. Sebagai Media Bisnis

Dengan internet, siapa saja bisa menjalankan bisnisnya. Komunikasi yang terbuka begitu luas, akan mempermudah kamu untuk menjalankan bisnis. Maka bisnis online pun kian merebak, baik melalui media sosial, blog maupun menggunakan email. Semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan sukses dari bisnis online yang menggunakan internet.

6. Sebagai Media Hiburan

Jenuh dengan acara TV yang itu-itu saja, cobalah tengok di Youtube, di situ kalian bakal banyak nemuin hiburan yang asik. Atau kalau tidak, kamu bisa nonton film online mungkin, karena di dunia maya sudah banyak sekali yang menghibur. Jadi internet bisa menyediakan konten apa yang bisa membuat usernya senang.

Bahaya Internet

Internet memang banyak sekali manfaatnya untuk umat manusia. Namun demikian, kamu juga perlu waspada terhadap bahaya internet. Karena ternyata internet juga memiliki efek negatif yang sangat berbahaya bagi manusia. Apa sajakah baya internet tersebut, yuk simak ulasannyad di bawah ini.

Bahaya Internet
Bahaya Internet

1. Semakin Mudahnya Perjudian

Seringkali kita mendengar berita ditangkapnya gembong perjudian online. Nah, itu adalah salah satu contoh baya internet yang nyata. Karena mungkin di dunia nyata mereka ini sulit melancarkan aksinya, namun di dunia online segalanya serba terbuka dan sangat mudah. Dan, pangsa pasarnya juga sangat besar, so ini merupakan peluang yang sangat menggiurkan bagi mereka, berhati-hatilah.

2. Semakin Terbukanya Akses Konten Tidak Pantas

Ini juga tak kalah bahayanya dengan perjudian. Di internet, semuanya semakin mudah, termasuk konten-konten yang tidak pantas, apalagi bagi anak kecil. Karena meski sudah diblokir, nyatanya konten tidak pantas ini tetap bersemi sepanjang hari. Ibaratnya mati satu tumbuh sejuta, akan sangat riskan bagi para pengguna yang belum bijak terhadap hal ini.

3. Gaya Hidup Boros

Ini juga bisa menjadi bahaya bagi para pengguna internet. Karena sudah kecanduan dengan internet, maka seringkali kit asulit mengontrol pengeluaran kita. Apalagi untuk biaya internet, seakan kita akan melakukan segala cara untuk bisa mendapatkan akses internet, meski padahal kebutuhan dasar yang lain belum tercukupi, ini bahaya gaes.



4. Meningkatnya Resiko Antisosial

Semakin banyak orang yang asik dengan dunia maya membuat hubungan sosial mereka terabaikan. Ketika bersilturahim misalnya, banyak dari kita yang lebih asik dengan gadget dari pada berbincang dengan yang lain. Ini menunjukkan bahwa lambat laun hubungan sosial semakin hilang karena adanya internet.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Internet di Indonesia dan Dunia Beserta Pengertiannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel