26 Tempat Wisata Trenggalek Terbaru Yang Paling Populer

26 Tempat Wisata Trenggalek Terbaru Yang Paling Populer - Seperti kamu ketahui bersama, bahwa kota Trenggalek adalah kota kecil di Jawa Timur. Atau barangkali kamu justru belum tahu kalau ada kota/abupaten yang namanya Trenggalek. Oke, kalau belum tahu, Trenggalek adalah salah satu kota kecil yang ada di Jawa Timur yang letaknya di dekat Ponorogo dan Tulugagung. Setelah memiliki bupati baru yaitu Bapak Emil Dardak yang juga suami dari artis Arumi Bachsin, Trenggalek banyak melakukan pembenahan, terutama di sektor wisa Trenggalek.


Banyak sekali bermunculan lokasi wisata baru di Trenggalek yang begitu mudah populer. Ada banyak sekali tempat wisata Trenggalek terbaru yang kemudian banyak menyedot animo wisatawan untuk berkunjung ke Trenggalek. Sebagai daerah selatan Pulau Jawa, Kabupaten Trenggalek termasuk memiliki beberapa pantai yang indah. Penasaran dengan wisata terbaru Trenggalek tersebut, simak ulasan pekajaman.com di bawah ini.

Tempat Wisata Pantai Trenggalek Terbaru


1. Pantai Damas

Pantai Damas Trenggalek
Image : pknikisme.blogspotcom
Pantai Damas termasuk salah satu wisata Trenggalek yang diandalkan. Pantai Damas ini termasuk wisata pantai Trenggalek yang banyak dikunjungi para wisatawan. Meski tidak baru-baru amat, Pantai Damas selalu berusaha untuk berbenah dan mempercantik diri.

Lokasi dan rute Pantai Damas sendiri tidak begitu jauh dari pusat kota. Pantai Damas tepatnya terletak di Desa Karanggandu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek. Jika kamu berangkat dari pusat kota Trenggalek, kurang lebih berjarak sekitar 53 km. Jangan khawatir, akses menuju lokasi Pantai Damas cukup baik kok.

Untuk harga tiket masuk Pantai Damas, untuk ukuran tempat wisata, sangat murah sekali. Harga tiket masuk Pantai Damas adalah 2.000 rupiah untuk anak-anak dan untuk orang dewasa adalah 4.000 rupiah.

2. Pantai Karanggongso Trenggalek

Pantai Karanggongso Trenggalek
Image : pikniksime.blogspot.com
Pantai ini termasuk pantai yang sudah populer terlebih dahulu dibanding beberapa wisata pantai Trenggalek yang lainnya. Rute dan lokasi wisata Pantai Trenggalek Karanggongso ini adalah terletak di Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kab. Trenggalek. Dari pusat kota jaraknya kurang lebih adalah 52 km. Obyek wisata Trenggalek yang satu ini menampilkan keindahan alami pantai yang begitu menawan.

Harga tiket masuk Pantai Karanggongso juga tidak mahal, hampir sama dengan wisata Pantai Trenggalek yang lainnya. Pengelola mematok harga tiket masuknya sebesar 7,500 untuk anak-anak dan untuk orang dewasa adalah 10,000 ini berlaku untuk hari libur.Sedangkan untuk hari biasa tiketnya adalah 5,000 untuk anak dan 7,500 untuk orang dewasa.

3. Pantai Prigi Trenggalek

Pantai Prigi Trenggalek
Image : piknikisme.blogspot.com
Pantai Prigi adalah semacam ikon Kabupaten Trenggalek. Pantai Prigi adalah pantai yang sudah lama menjadi tujuan wisata ketika menikmati wisata Trenggalek. Lokasi dan rute Pantai Prigi adalah berada di Desa Tasik Madu Kec. Watulimo Kab. Trenggalek Jawa Timur. Jaraknya kurang lebih 48 km dari pusat kota Trenggalek.

Sama dengan beberapa Wisata Pantai Trenggalek lainnya, harga tiket masuk di Pantai Prigi juga tidak terlalu mahal. Untuk anak-anak, harga tiket masuk adalah 5.000 ribu sedangkan untuk orang dewasa, harga tiet masuk adalah 7,500 ribu.

4. Pantai Blado Munjungan Trenggalek

Pantai Blado Trenggalek
Image : trenggalekkab.goid
Wisata pantai Trenggalek selanjutnya adalah Pantai Blado. Pantai Blado ini termasuk tempat wisata Trenggalek terbaru karena memang masih belum begitu lama populernya. Rute dan lokasi Pantai Blado sendiri adalah berada di Desa Munjungan Kc. Munjungan Kab. Trenggalek. Jika kamu dari pusat Kota Trenggalek, maka untuk sampai ke Pantai Blado kamu harus melewati kurang lebih 49 km.

Selain menyuguhkan panorama alam yang menyejukkan, konon kabarnya pantai Blado juga bisa untuk berselancar lho. Jadi untuk kamu yang hobi berselancar, tidak salah kiranya jika kamu menghabiskan waktu libur kamu ke Pantai Blado.

5. Pantai Ngulungwetan Trenggalek

Pantai Ngulungwetan bahkan ada yang menjuluki sebagai Hawai nya Trenggalek. Lokasi dan rute Pantai Ngulunwetan yaitu berada di Desa Ngulungwetan Kec. Munjungan Kab. Trenggalek. Banyak pohon kelapa di bibir pantai yang mebuat harmoni alami ini begitu indah. Sunset di wisata Pantai Ngulungwetan Trenggalek ini juga begitu mengharukan.

6. Pantai Ngadipuro Trenggalek

Pantai Ngadipuro Trenggalek
Image : trenggalekkab.go.id
Masih berkutat di Kecamatan Munjungan Trenggalek, Pantai ini namanya adalah Pantai Ngadipuro. Rute dan lokasi pantai ini tepatnya berada di desa Craken, Kec. Munjungan Kab. Trenggalek. Pantai Ngadipuro Trenggalek ini termasuk pantai yang aktif dan bayak nelayan yang mencari ikan di sana. Pantai Ngadipro termasuk pantai yang masih sangat alami, dan bahkan fasilitas-faslitas standart pun belum begitu tersedia.

7. Pantai Ngampiran Trenggalek

Wisata pantai Trenggalek selanjutnya adalah Pantai Ngampiran Trenggalek. Pantai Nampiran ini lokasinya terletak di desa Tawing, Kec. Munjungan Kab. Trenggalek. Jaraknya cukup dekat dengan Kecamatan Munjungan, yaitu sekira 4 km saja. Keindahan pantai ini terletak pada kealamian batuan karang dan pesona hamparan pasir putih yang begitu bersih.

8. Pantai Konang Trenggalek

Pantai Konang Trenggalek
image : piknikisme.blogspot.com
Wisata pantai di Trenggalek selanjutnya adalah Pantai Konang. Pantai Koang adalah pantai yang berada di Desa Nglebeng, Kec. Panggul, Kab. Trenggalek. Selain menikmati keindahan alami pantai Konang, kamu juga bisa menikmati aktifitas nelayan di sini. Karena Pantai Konang juga dijuluki sebagai kampung nelayan karena banyaknya nelayan yang ada di Pantai Konang Trenggalek.

9. Pantai Taman Kili-kili Trenggalek

Pantai Taman Kili-kili Trenggalek
Image : trenggalekkab.go.id
Pantai Trenggalek berikutnya adalah Pantai Taman Kili-Kili. Unik memang namanya, tempat dan lokasi nya pun juga tak kalh unik lho. Letak Pantai ini tepatnya di Desa Wonocoyo, Kec. Panggul, Kab. Trenggalek. Kelebihan pantai ini adalah, kamu bakal bisa menyaksikan penyu-penyu mungil karena di pantai ini merupakan tempat penangkaran penyu. Ada sekitar 7 jenis penyu yang ada di penagkaran Pantai Kili-Kili ini.

10. Pantai Pelang Trenggalek

image : trenggalekkab.go.id
Pantai Pelang juga termasuk salah satu wisata pantai di Trenggalek yang sudah populer terlebih dahulu dibanding pantai yang lain. Letak atau lokasi Pantai Pelang ini adalah di Desa Wonocoyo, Kec. Panggul, Kab. Trenggalek. Letaknya tidak begitu jauh dari Pantai Kili-Kili Panggul. Jika kamu berkunjung ke Pantai Pelang, bukan saja panorama pantai yang indah yang bisa kamu dapatkan, namun kamu juga akan mendapatkan keindahan air terjun yang berada di dekatnya.

Di atas itu adalah beberapa wisata pantai di Trenggalek yang pastinya sangat rekomended sekali untuk kamu. Bukan hanya pantai saja loh yang bisa kamu nikmatin di Trenggalek. Ada banyak tempat wisata di Trenggalek lainnya yang bisa kamu kunjungi. Wisata alam Trenggalek juga menjadi favorit para wisatawan ketika berkunjung ke Trenggalek. Lalu wisata alam Trenggalek itu apa saja sih, simak saja ulasan pekajaman di bawah ini.

Wisata Alam Trenggalek


1. Hutan Mangrove / Jembatan Galau Cengkrong

Hutan Mangrove / Jembatan Galau Cengkrong
image : piknikisme.blogspot.com
Muncul belum terlalu lama, Hutan Mangrove Cengkrong Trenggalek ini langsung menyita perhatian para wisatawan. Terutama para muda mudi yang doyan menikmati keindahan alam yang begitu menawan. Bukan saja hijaunya hutan mangrove, kamu juga akan dimanjakan dengan adanya jembatan galau yang ada di wilayah hutan mangrove juga.

Rute dan lokasi hutan mangrove Cengkrong ini tidak jauh dari pantai Prigi. Tepatnya berada di Desa Karanggandu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek. Untuk bisa menikmati keindahan alami hutan mangrove, kamu tinggal rogoh kocek 5.000 saja, murah sekali bukan.

2. Hutan Kota Trenggalek

Hutan Kota Trenggalek
image : trenggalekkab.go.id
Hutan Kota Trenggalek, atau akrab disebut dengan HuKo, menjadi daya tari baru untuk tempat wisata Trenggalek. Unik, hutan ini berada di engah kota Trenggalek, yang memang difungsikan sebagai hutan kota sekaligus untuk wisata. Meski di tengah kota, namun suasana dan udara sangat segar sekali. Di hutan kota ini memang lokasi nya berupa gunung kecil yang disulap menjadi daerah wisata.

Kamu bisa menikmati aneka kuliner khas Trenggalek di Hutan Kota Trenggalek. Selain itu, biasanya di hari-hari tertentu ada banyak hiburan yang dipentaskan di kawasan Hutan Kota Trenggalek.

3. Bukit Banyon Trenggalek

Bukit Banyon Trenggalek
image : trenggalekkab.go.id
Ini salah satu wisata alam Trenggalek yang menjadi andalan. Meskipun masih sangat baru, ternyata Bukit Banyon begitu banyak menyedot animo masyarkat untuk menikmatinya. Di Bukit Banyon, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang menakjubkan selain tentunya bisa menikmati sunset dan sunrise. Lokasi dan rute menuju Bukit Banyon tidaklah begitu jauh. Bukit Banyon Terletak di Desa Widoro, Kec. Gandusari, Kab. Trenggalek.

4. Puncak Sepikul Trenggalek

Puncak Sepikul Trenggalek
image : ISDT/grupfb
Wisata alam Trenggalek lainnya yang bisa kamu singgahi adalah puncak sepikul. Puncak Gunung Sepikul sangat cock bagi kamu yang suka petualangan menantang. Untuk lokasi Puncak Gunung Sepikul adalah berada di Desa Watuagung, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek. Yang bisa kamu nikmati dari Puncak Spikul adalah eksotisme yang begitu romantis bagi petualang sejati.

5. Goa Lowo

Guo Lowo Trenggalek
image : piknikisme.blogspot.com
Keindahan Guo Lowo juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Goa Lowo bisa dikatakan sebagai maskot wisata Kabupaten Trenggalek. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa Goa Lowo Trenggalek merupakan oa yang terpanjang se Asia Tenggara.

Goa yang memang merupakan habitat kelelawar ini sangat indah nan menawan. Stalagtit dan stalagmit begitu menonjol dengan bentuk yang begitu alami menggugah jiwa yang sepi. Goa Lowo ini terletak di Kec. Watulimo di jalan arah menuju Pantai Prigi. Untuk tiket masuk, anak-anak dikenakan biaya 5.000 rupiah dan untuk orang dewasa adalah 7.500. Itu berlaku untuk hari biasa, sedangkan untuk hari libur harga tiket naik 2.500.

6. Banyu Nget Watulimo

Banyu Nget Watulimo Trenggalek
image : piknikisme.blogspot.com
Wisata Trenggalek terbaru selanjutnya adalah Banyu Nget Watulimo. Wisata Trenggalek yang satu ini benar-benar masih baru dan sangat layak untuk kamu kunjungi. Sebenarnya banyu nget atau air hangatnya sudah ada sejak lama, namun untuk lokasi wisatanya baru saja resmi dibuka.

Lokasi dan rute Banyu Nget adalah sejalan dengan tempat wisata Trenggalek yang ada di Watulimo lainnya seperti Pantai Prigi maupun Goa Lowo.

7. Wisata Alam Trenggalek Putri Maron

Wisata Alam Trenggalek Putri Maron
image : piknikisme.blogspot.com
Wisata alam Trenggalek terbaru lainnya adalah Putri Maron. Kelebihan dan keunggulan yang bakal kamu nikmati di Putri Maron Bendungan ini adalah suasana yang benar-benar masih alami layaknya bukit yang hijau nan segar. Lokasi dan rute menuju Putri Maron tidak lah jauh dari pusat Kota Trenggalek, karena lokasinya adalah berada di Kec. Bendungan yang letaknya di utara Kota Trenggalek.

8. Goa Ngerit Kampak

Goa Ngerit Kampak
image : piknikisme.blogspot.com
Goa Ngerit Kampak ini juga termasuk rising starnya wista Trenggalek. Baru saja dibuka, Goa Ngerit langsung menjadi primadona wisata baru di Trenggalek. Bebatuan tebing yang begitu "beda" membuat kamu serasa berada di planet lain. Lokasi dan rute Goa Ngerit Kampak adalah di Kecamatan Kampak, atau menuju ke arah selatan dari Pusat Kota Trenggalek.

9. Bukit Paralayang Tunggangan Durenan

Bukit Paralayang Tunggangan Durenan
image : Keintung Tung/fb
Satu lagi wisata Trenggalek yang tengah naik daun adalah BUkit Paralayang Tunggangan Durenan Trenggalek. Sesuai dengan namanya, bukit ini memang menjadi spot yang ideal bagi pecinta paralayang. Selain paralayang, ada banyak pilihan untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu liburmu, salah satunya misalnya adalah Hill Night Camp. Untuk selengkapnya tentang Bukit Tunggangan, silahkan dibaca disni.

10. Jurug Waru Dongko Trenggalek

Jurug Waru Dongko Trenggalek
image : piknikisme.blogspot.com
Jurug Waru adalah tempat wisata alam Trenggalek yang sangat unik. Kamu bakal bisa menikmati air terjun sekaligus telaga yang aduhai. Struktur batuan yang masih alami begitu mepesona dan nyata. Lokasi dan tempat wisata Jurug Waru adalah terletak di Desa Watuagung, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Itulah beberapa wisata alam Trenggalek yang bisa kamu nikmati setiap waktu. Selanjutnya, selain tempat wisatanya, Trenggalek juga memiliki kuliner yang begitu khas. Ada banyak kuliner Trenggalek yang patut untuk kamu coba. Makanan khas Trenggalek yang terkenal salah satunya adalah nasi gegog. Adakah yang lainnya, simak di bawah ini.

Wisata Kuliner Trenggalek


1. Sego Pecel Trenggalek

Sego Pecel Trenggalek
Sego Pecel Trenggalek
Sego pecel atau nasi pecel, mungkin hampir di seluruh daerah di Jatim memiliki khazanah perpecelan yang begitu khas. Demikian halnya dengan kuliner khas Trenggalek. Sego pecel atau nasi pecel ini nampaknya tidak bisa dipisahkan dari Kabupaten Trenggalek. Hampir di setiap wilayah selalu ada penjual nasi pecel yang begitu khas dan melegenda.

Jika kamu sedang berada di tengah kota Trenggalek dan ingin menikmati nasi pecel, ada beberapa tempat yang rekomended dan patut kamu coba. Kamu bisa mencoba nasi pecel legenda di warungnya Mbah Suti misalnya. Jika bingung d mana tempatnya, tanya saja orang Trenggalek yang kamu temui, insyaalloh kamu akan diantar lagsung ke warungya.

Selain Warung Mbah Suti, nasi pecel yang rekomended lainnya adalah warung pecel Malidi. Warung ini sudah memiliki beberapa cabang di Trenggalek, orang Trenggalek hampir semuanya mengerti warung ini.

2. Sego Tiwul Trenggalek

Sego Tiwul Trenggalek
Image : Fitri Fidianti/fb
Kuliner atau makanan khas Trenggalek lainnya adalah sego thiwul. Sgo Thiwul atau nasi tiwul adalah nasi yang terbuat dari ketela pohon dan dikeringkan untuk dijadikan nasi. Sego Thiwul akan sangat berasa ketika disajikan dengan sambal maupun dengan sayuran ikan laut yang pedasss...hmmm.

3. Sego Gegog Trenggalek

Sego Gegog Trenggalek
Sego Gegog Trenggalek
Ini mungkin yang menjadi pilihan kamu ketika ingin menikmati kuliner khas Trenggalek. Nasi ini begitu sederhana dan sangat mudah dibuat, namun jangan tanya rasanya, hmm, tentu sangat nikmat sekali. Nama Gegog sendiri adalah sebuah akronim dari "Sego Genem Godhong Gedhang" yang dalam bahasa Indonesia adalah nasi yang dibungkus dengan daun pisang.

Sego Gegog sendiri paling banyak atau pusatnya adalah berada di Kecamatan Bendungan yang berada di utara pusat Kota Trenggalek. Kamu akan mendapati banyak macam sego gegog di Bendungan. Ada Sego Gegog tuna, Gegog ayam atau juga Gegog ikan laut.

4. Sego Lodho Trenggalek

Sego lodho Trenggalek termasuk makanan khas Trenggalek yang paling diminati banyak orang. Lodho sendiri adalah ayam jawa yang dipanggang kemudian dibumbui khas lodho. Biasanya yang paling nikmat menyantap ayam lodho adalah dengan nasi gurih. Nasi gurih adalah nasi yang dibumbui segala macam bumbu yang kemudian membuat citarasa nasi menjadi gurih dan nikmat.

Pada umumnya, nasi lodho ini sebenarnya hidangan yang biasa disajikan ketika seseorang mengadakan selamatan. Namun kemudian seiring banyak yan menyukai, maka nasi lodho menjadi menu favorit warga Trenggalek, bahkan di luar Trenggalek juga.

5. Sego Pindang Trenggalek

Selain nasi lodho, maknan khas Trenggalek yang lain adalah nasi pindang. Ada beragam pindang yang ada di Trenggalek. Dan masing-masing memiliki citarasa khas yang berbeda. Ada juga lho nasi pindang Trenggalek yang di padukan dengan sego pecel, bagaimankah rasanya, tentu saja menggugah selera makan kamu.

6. Sego Tewel Trenggalek

Ada lagi yang bisa kamu coba ketika kamu menikmati kuliner khas Trenggalek. Namanya adlah sego tewel, sesuai dengan namanya, maka nasi ini memang khas dengan sayur tewel nya yang aduhai. Dengan lauk tempe kripik khas Trenggalek, nasi tewl akan semakin nikmat dengan aroma yang begitu syahdu.

Nah kawan pekajaman semua, itulah beberapa tempat wisata Trenggalek terbaru beserta berbagai kkhasan Trenggalek yang bisa pekajaman sampaikan kepada kamu semua. Nextime insyaaloh akan kami kupas satu per satu deh, biar kamu semua makin cinta dengan produk-produk daerah.

Belum ada Komentar untuk "26 Tempat Wisata Trenggalek Terbaru Yang Paling Populer "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel